DITEMUKAN!! Ikan aneh bentuk GAJAH!! Alias Trunko (Gajah Mina)

 Konon lagi, bangkai trunko pernah terseret ke pantai pada 1 november 1922. Awalnya trunko masih idup tapi akhirnya mati. Dilaporin kalo trunko memiliki badan sepanjang 14 meter dengan lebar 3 meter yang bikin beda ama paus biasa, trunko itu berbulu sodara..selain itu dia juga berbelalai..
Trunko pertama kali terlihat lagi tarung sama 2 paus pembunuh selama 3 jam. Konon trunko menggunakan ekornya buat nyerang paus itu terus dia loncat setinggi 20 kaki diatas permukaan laut untuk nyemek paus-paus itu. Salah satu saksi mata, Hugh Ballance menyebutnya beruang kutub raksasa, kenapa? Soalnya warna trunko itu putih.. Nih gambarnya..
 Gajah Mina diambil dari bahaya melayu yang artinya Walrus. Namun jika gambar kerangka diatas diasumsikan sebagai Walrus saya tidak yakin kebenarannya.
 Ngomong-ngomong soal gajah mina, konon pada 15 januari 2005 silam ditemuin bangkai dari gajah mina ini di pantai dungun. sekarang tulangnya ada di museum lingga di riau. Ni gambar bangkenya..

Foto tulang monster laut ditemukan oleh nelayan di perairan Natuna, Indonesia. Komunitas paling dekat terkait dengan makhluk ini adalah gajah laut, karena taring panjang / gigi itu tetapi juga dalam bentuk ikan. Monster laut atau gajah laut seperti yang juga dikenal diduga pernah dilihat oleh seorang nelayan bernama Amir. Dia telah menyelam untuk menangkap ikan ketika ia melihat makhluk terjebak dalam kandangnya. Ketika ia kembali tiga bulan kemudian ia menemukan tulang raksasa tersangkut di jaring-nya.

Pada tahun 2005 mereka menemukan satu lagi monster ini terdampar setelah tsunami di Aceh. Beberapa orang menganggap mereka sebagai "Gajah Mina Bali sebagai dewa laut yang belum ditemukan".

 Dari bangkai itu bisa dektahui kalo panjangnya 12,40 meter, panjang pangkal ekor sampai ujung ekor 1,80 meter, panjang gading 2,40 meter, tebal kulit 10 sentimeter, panjang sirip bawah 78 cm, dan lebar sirip bawah 47 cm. Untuk lengkapnya silakan baca artikel ini..

Nah lo, apakah ini gajah mina alias trunko yang legendaris? Walopun ga jelas tapi kita bisa liat kalo warnanya putih..

Ga cuma itu lo, tanggal 20 juni kemarin tulang dari makhluk yang diduga gajah mina diangkat dari perairan natuna. Jadi ada seorang nelayan yang ngeliat gajah mina ini terperangkap di jebakan miliknya tapi karena ga berani ndeket dia nyuekin si gajah mina ini, 3 bulan kemudian pas dia balik gajah mina ini uda tinggal tulang doang, liat deh tulangnya..

 Wow, kaya ikan tapi ada gadingnya ya? Apakah ini beneran gajah mina? Ato trunko?

Aku juga ga tau sih ini beneran tulang gajah mina ato bukan..

Tapi tersangka utamanya adalah Paus
Gambar Kanan yang dilingkari Bulatan Merah merupakan tersangka dari gading Gajah Mina atau Walrus dan gambar lainnya adalah Paus. Jika kita bandingkan dengan taring atau gading walrus, Sepertinya lebih cocok dengan penampakkan dari tengkorak Seekor paus daripada Gading seekor Walrus. 

Apalagi dalam penampakkan gading yang dipegang tersebut lebih panjang dari ketinggian orang yang memegangnya. Rata-rata ketinggian orang Indonesia dewasa adalah 165 cm sedangkan pada gambar diatas Gading Walrus(tersangka) itu melebihi ketinggian orang dewasa tersebut. Saya memperkirakan setidak-tidaknya panjang gading tersebut sekitar 2 m atau 200 cm. Hal ini sangat berbeda jauh dengan yang dikatakan wikipedia bahwa gading Walrus tumbuh sampai 100 cm atau 1 m. 




Nah, apakah bener kalo gajah mina itu spesies yang sama sama trunko? Atau Pauss??
Bentuknya sama-sama kaya paus, warnanya juga sama-sama putih, uda gitu tulangnya punya gading kaya gajah.. Bedanya kalo yang ini di indonesia kalo trunko di afrika.. Jadi kesimpulannya.... Ga ada.. Selama ga ada yang ngejejerin gajah mina dan trunko aku ga bakal tau apakah mereka spesies yang sama apa bukan.. Mau ngebandingin tulang gajah mina ma gambar trunko juga sia-sia..

sumber : kaskus.us

5 komentar:

  1. this extinct animal is still exist in part of kepri province Indonsia, museum @ daik lingga, anambas and natuna, and also a museum in north mollucas, hope that soon natgeo or discovery channel would like to documentary the sightings.... for further info mail me ... dian.batamtourism@gmail.com

    BalasHapus
  2. Pembicaraan makhluk ini bukan rahasia umum lagi dinpesisir kalbar dan kep. Natuna, namun para biologist kenapa tidak tertarik meneliti

    BalasHapus
  3. gajah mina dalam mitologi melayu bukan rahasia umum, sejak kecil kami sering diceritakan hewan langka ini baik oleh orang tua dan kakek serta keluarga yang lain. Banyak masyarakat dipesisir kalimantan barat serta riau kepulauan mengkoleksi bagian tubuh (entah bulu, tulang bahkan taring) gajah mina. di sekitar Indonesia khususnya perairan sekitar kalimantan terdapat tidak kurang 20 jenis paus (jangan berpikir paus hanya paus biru dan paus bongkok) yang senantiasa berimigrasi setiap tahun. masyarakat pesisir cukup paham mana ikan paus yang umumnya tidak berbulu lebat dengan hewan lain. dalam 20 tahun terakhir saja terdapat 2 jenis baru paus yang diidentifikasi, sehingga kemungkinan bertambahnya jenis2 baru untuk ditemukan cukup besar. Jangan dibiasakan untuk mengejek atau menganggap hoax sesuatu yang sedang diteliti, pesimis boleh namun harus kita dukung individu2 yang berusaha menganalisis sebuah temuan. semoga ada kabar yang lebih up to date dan positif mengenai gajah mina atau trunko (saya termasuk yang yakin keberadaan makhluk ini). terima kasih

    BalasHapus